Alasan kami mengadakan event Medan International Coffee Festival (MICF)

23.48

Mengapa kami melakukan event ini ?

Kopi Sumatra adalah salah satu Kopi Terbaik di Dunia. Bicara soal Sumatra tidak hanya soal Danau Toba, Dataran Tinggi Gayo, Danau Singkarak, atau objek wisata lainnya. Tidak juga bicara soal budaya, seperti ; tarian, makanan khas (kuliner) atau bangunan bersejarah yang ada di pulau ini. Karakter manusianya yang terkenal keras, lugas, tegas dan blak-blakan juga sering menjadi bahan pembicaraan dimana-mana. Tapi jarang sekali kita mendapat referensi yang pas di negeri sendiri soal komoditi yang sebenarnya telah menjadi unggulan di pulau ini sejak jaman Belanda. Komoditi itu adalah KOPI. Kopi Sumatra sudah banyak diakui dunia, bahkan menjadi oleh-oleh dan masyarakat luar negeri bangga apabila dapat mengkonsumsinya. Kopi Sumatra seperti kopi Gayo, Mandheling, Lintong (Simalungun) apabila disebutkan di kedai kopi mancanegara maka mereka akan langsung mengaguminya. Itulah sebabnya, mengapa banyak pedagang kopi (traders), exportir dan importir bahkan para peracik kopi (barista) dan pengolah mutu kopi (roaster) di berbagai belahan dunia cukup mengenal karakter khas kopi-kopi yang berasal dari pulau ini. Tidak akan cukup waktu berhari, berbulan dan bertahun untuk mencari, mengenali dan menikmati berbagai jenis kopi yangberasal dari pulau ini. Pulau ini memang sudah diberi rahmat yang luar biasa oleh Sang Pencipta. Bahkan pengakuan ini sudah sejak jaman kerajaan Sriwijaya, terbukti dengan adanya istilah SwarnaDwipa di kitab-kitab mereka. Gugusan gunung-gunung berapi yang berada di pulau Sumatra ternyata merupakan berkah yang luar biasa dari Illahi bagi pulau ini. Pulau ini, dari Sabang sampai Lampung memiliki berkah bagi tumbuhnya komoditi pertanian seperti teh, sawit, karet dan kopi serta kandungan mineral yang luar biasa banyaknya di tanah ini.

Akan tetapi, sangat jarang event atau acara yang mengangkat komoditi pertanian atau event-event lain yang diadakan di Sumatra. Kalaupun ada, biasanya penyelenggara berasal dari pulau Jawa atau bahkan luar negeri. Pertanyaan selanjutnya, siapakah yang diuntungkan dari penyelenggaraan event ini ? Apa manfaat yang dapat diperoleh dari penyelenggara event ini ? Siapa saja yang berkepentingan dari terselenggaranya event ini ? Siapakah yang berkewajiban menyelenggarakan event yang mengangkat potensi yang ada di pulau Sumatra ini ? Mungkin yang lebih mendasar adalah MENGAPA KAMI merasa berkewajiban MENGADAKAN EVENT INI ?

Jawaban dari seluruh pertanyaan yang kami ajukan di atas menurut versi kami adalah sebagai berikut ;

- Pulau ini, terutama tempat kami berasal yaitu Medan, Sumatra Utara merupakan sumber dari penghasil kopi terbaik dunia yaitu ; Lintong dan Mandheling, belum termasuk kopi lain yang berasal dari daerah ini seperti ; Silimakuta, Dolog Sanggul, Karo, Samosir, dll yang mulai diakui dan termasuk dicari oleh pemain-pemain kopi dunia. Menurut kami, sudah cukup alasan bagi terselenggaranya bisnis yang luar biasa dari diadakannya event ini. Walau mungkin kami tidak mungkin berjalan sendiri tanpa didukung oleh berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta. Itulah alasan mengapa kami mengambil inisiatif sebagai penyelenggara pertama event Medan International Coffee Festival (MICF) di kota Medan, Sumatra Utara. Potensi bisnis yang luar biasa akan tercipta di masa depan apabila diadakan event ini. Silahkan bekerja dan berusaha serta mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari event ini.

- Medan International Coffee Festival (MICF) merupakan event kopi pertama di Sumatra Utara yang khusus mengangkat potensi bagi komoditi kopi Sumatra Utara, maupun Indonesia yang diselenggarakan pihak swasta di luar kegiatan asosiasi atau organisasi maupun pemerintah. Event ini memiliki perspektif yang berbeda dari sisi swasta penyelengara event (EO) yang tentunya akan lebih menarik dan dikemas secara profesional dari sisi penyelenggaraan event. Pemerintah, asosiasi dan organisasi kopi terkait punya peranan penting di dalam mendukung event ini dari sisi konten dan memberikan masukan bagi sempurnanya event ini bagi terciptanya lingkungan bisnis yang akan semakin membesar dan potensial di masa akan datang dari waktu ke waktu terselengaranya event ini.

- Nilai Sosial dan Budaya yang akan tercipta dari adanya event ini. Efek sosial dan budaya dari adanya event ini seperti peningkatan sekaligus memelihara budaya minum kopi yang sudah ada sejak jaman dahulu di hampir semua suku bangsa yang ada di Sumatra dan Indonesia. Baik cara penyeduhan, cara menikmati kopi seperti ; sanger (aceh), kopi takar (mandheling), dan lainnya akan terus terjaga dan justru akan semakin meningkat menjadi gaya hidup (lifestyle) di kalangan masyarakat, terutama generasi mendatang yaitu anak-anak muda (future market) seperti ; penambahan area tanam kopi di kalangan petani, pertumbuhan kedai kopi (coffee shop) dan peningkatan jumlah barista serta efek ekonomi yang ditimbulkan dari sisi sosial dan budaya ini.

Demikianlah alasan kami mengapa mengambil inisiatif mengadakan event Medan International Coffee Festival (MICF) sejak tahun lalu ..


Sampai ketemu di Medan, mari ngopi ...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »